oleh

Yan Coga Apresiasi Atas Kinerja Gubernur Sumsel H. Herman Deru Dan Wakil Gubernur H. Mawardi Yahya (HDMY) Selama Empat Tahun Pimpin Sumsel.

Palembang|Coganews, Atas capaian dan kinerja Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Wakil Gubernur H. Mawardi Yahya (HDMY) selama empat tahun memimpin Sumsel banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat maupun berbagai lembaga serta tokoh-tokoh muda. Salah satu nya ada tokoh muda pergerakan dan pemerhati sosial masyarakat di Sumatera Selatan, Yan Hariranto yang turut mengapresiasi.

Hal tersebut terungkap dalam acara kegiatan
refleksi capaian kepemimpinan 4 tahun HDMY, di ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Jum’at (30/9).

Dimana dalam kegiatan itu dijelaskan pada kurun waktu tersebut, banyak capaian yang telah ditorehkan keduanya. Bahkan, upaya yang dilakukan HDMY di masa kepemimpinannya, terbilang cukup sukses membawa Sumsel lebih maju.

Hal itu dibuktikan dengan sederet penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja keduanya membangun daerah ini. Selama empat tahun, sedikitnya ada 166 penghargaan diterima HDMY. Di tahun 2022 ini, terhitung terdapat 25 penghargaan yang diraih.

Tidak hanya itu, keberhasilan kepemimpinan HDMY dibuktikan juga dengan turunnya angka kemiskinan Sumsel yang sebelumnya di angka 12,84 persen menjadi 11,90 persen pada tahun 2022 atau turun sebesar 0,98 persen.

Disebut-sebut, penurunan angka kemiskinan Sumsel tersebut merupakan yang terbaik selama 10 tahun terakhir.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang pada tahun 2020 sempat terjadi kontraksi hingga -0,11 persen akibat pandemi covid-19 , di tahun 2022 ini kembali meningkat menjadi 5,18 persen.

Kendati demikian, Gubernur Herman Deru tetap menekankan jajarannya mulai dari OPD, Biro hingga instansi vertikal untuk trus memperkuat koordinasi dan sinergi sehingga capaian itu dapat lebih baik lagi.

“Sejatinya, jajaran ini merupakan anatomi dari Gubernur dan Wakil Gubernur. Sebab itu, baik kesuksesan maupun kegagalan merupakan tanggung jawab bersama,” kata Herman Deru.

Menurut Herman Deru, refleksi tersebut harus menjadi ajang intropeksi diri bagi jajaran di Pemprov Sumsel untuk meningkatkan kinerjanya sehingga kemajuan yang diupayakan dapat dirasakan seluruh masyarakat.

Dia tak menampik, jika jajarannya telah berupaya semaksimal mungkin dalam mendorong kemajuan daerah. Sebagai wakil pemerintah pusat, lanjutnya, OPD maupun jajaran yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel harus masif melakukan koordinasi dan membuat rerobosan baru agar dapat di implementasikan di daerah.

Selain itu, Yan Hariranto, tokoh muda pergerakan dan pemerhati sosial masyarakat di Sumatera Selatan yang menyoroti kinerja Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Wakil Gubernur H. Mawardi Yahya (HDMY) selama empat tahun memimpin Sumsel mengatakan jika dirinya turut memberikan apresiasi dan dukungan atas apa yang sudah dicapai oleh pemerintahan HD-MY untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Sumsel.

“Selaku tokoh muda pergerakan dan pemerhati sosial masyarakat, saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh HD-MY untuk masyarakat Sumsel. Saya mendukung kinerja mereka dan akan tetap mendukung apa yang menjadi program-program kedepannya karena itu positif bagi masyarakat di Sumatera Selatan,” ujar Yan Hariranto.

Yan Hariranto yang akrab disapa Yan Coga ini juga menyatakan bahwasannya rakyat puas di pimpin oleh H. Herman Deru dan H. Mawardi Yahya. Beberapa program cukup sukses membawa Sumsel lebih maju, tingkat kemiskinan berkurang dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi serta mendapatkan sederet penghargaan.