Pembukaan Bimtek Pembuatan RKAS dan Pengelola dana BOS SMA Kabupaten Muara Enim

Coganews.co.id | Palembang – Pembukaan Bimtek penyusunan Rapat Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) Pengelola Dana Bos/PSG yang di gelar di Hotel Azza Jalan Kapten Anwar Sastro No 1296 Sungai Pangeran IT 1 Palembang, Senin (28/9/2020).

Plt Riza Pahlevi Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mengatakan, Kabupaten Muara Enim mengadakan Bimtek tentang rkas untuk saya memberikan aspresiasi yang setinggi-tingginya itu suatu inisiatif yg bagus. Karena belajar tidak harus berdiam diri. Bagaimana pengelola dunia pendidikan baik diri saya sampai dengan guru harus satu kata “PINTAR”.

“Dalam mengelolah pendidikan itu, Kepsek harus PINTAR. Yakni Profesional, Inovasi, Niat dan Network yang bagus, Tanggungjawab, Adaptasi dan Aplikasi dikuasi serta Rasional.,” ujarnya.

Riza Pahlevi juga menuturkan, “selama ini tidak ada indikasi korupsi dana BOS dan PSG. Hanya saja, ada kesalahan administrasi terkait peletakan belanja modal dan belanja barang.”

READ  Difasilitasi Pemkab Muba, Warga Siap Terima Ganti Rugi dari PT Pertagas

“Oleh sebab itu, disini kita hadirkan Kabid SMA, Kasi SMA, dan Manager BOS. Sehingga Kepsek dan Bendahara paham belanja modal dan belanja barang, agar tidak terjadi lagi kesalahan administrasi dalam pelaporan belanja modal dan belanja barang,” tuturnya.

Ketika ditanya, apakah dana BOS boleh dipergunakan untuk membeli peralatan untuk protokol kesehatan saat pandemi covid, Riza Pahlevi menegaskan, “itu boleh dilakukan, yang penting dibuat Laporan Pertanggungjawabannya,” tegasnya.

Darmadi Ketua Panitia Bimtek Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Pengelolaan Dana BOS dan Program Sekolah Gratis (PGS) yang juga Ketua MKKS SMA Kabupaten Muara Enim menambahkan, yang mengikuti bimtek ini berjumlah 63 orang yang terdiri dari Kepsek SMA dan bendahara SMA negeri dan swasta di Muara Enim.

READ  Gubernur Sumatera Selatan Menghadiri Pembagian Masker Lewat Video dan Press Conference

“Dan tujuannya adalah untuk meningkatkan komptensi Kepsek dan Bendahara dalam pengelolaan dana BOS. Sehingga menghasilkan laporan keuangan yang baik dan akuntabel,” katanya.

“Bimtek ini dilaksanakan tiga hari tanggal 28-30 September 2020. Harapan kita, seluruh pengelolaan dana BOS sesuai juknis, dan laporannya bisa dipertanggungjawabkan. Hari ini kegiatannya pembukaan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan, serta pengarahan dari Kabid SMA, serta teknis dan penyusunan RKAS,” pungkasnya. (Ocha)