oleh

Tiga Bulan Menuju Ramadan, Ayo Persiapkan Diri

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa,” (QS Al-Baqarah: 183)

Tahun 2020 mengajarkan kita betapa penting dan mahalnya arti dari tubuh yang sehat. Bagaimana tidak, ancaman penyebaran Covid-19 membuat semuanya bergerak melambat bahkan tak sedikit menjadi lumpuh.

Bulan penuh kemuliaan akan segera tiba tepat 90 hari lagi. Dimana pada bulan ini akan mengajarkan kita pola hidup yang sehat secara lahir maupun batin, dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Hasil dari pemantauan Kalender Hijriah bulan Ramadhan 1442 Hijriah akan jatuh pada 12 April 2021, terlepas nanti akan ada sidang itsbat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam keputusannya.

Setidaknya ada tujuh keistimewaan bulan Ramadan yang sebentar lagi akan menghampiri kita, tentunya harus kita sambut dan persiapkan dengan penuh kegembiraan.

  1. Memperkuat imunitas tubuh dari gangguan virus dan segala penyakit

Seperti yang diutarakan oleh Peneliti dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana, Corby Martin, dikutip dari CNN.

READ  Herman Deru Menyatakan Menjadi Orang Pertama di Sumsel yang akan di Vaksin Covid 19

Dalam studi yang dilakukan terhadap 218 responden, ditemukan bahwa puasa dalam jangka panjang bermanfaat bagi kesehatan dan sangat relevan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Membatasi makanan dengan cara berpuasa berarti mencegah munculnya ragam penyakit dalam tubuh, terutama dari bakteri dan virus. Dengan berpuasa dan menjaga asupan makanan yang bergizi. Stamina kita akan tetap terjaga selama bulan Ramadhan .

  1. Puasa, Komunikasi Batiniah kepada Tuhan

Ketulusan kita menahan dahaga, lapar, nafsu dan menjaga pola hidup supaya selalu terarah akan membangun awareness bahwa segala perbuatan kita senantiasa dilihat dan dimonitor oleh Allah SWT.

  1. Mengajarkan arti pentingnya integritas

Prof. Drs. HM. Sirozi,MA, Ph.D (Dewan Peneliti Pendidikan Sumsel) menyatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan di era disrupsi saat ini adalah ‘integritas‘ dimana kita harus terus bergerak dan berkarya tanpa harus diperintah, dilihat apalagi mengharapkan pujian orang lain.

Puasa, mengajarkan kita ketahanan diri dalam berintegritas, yaitu meskipun orang tidak tahu apakah kita benar-benar berpuasa tapi itu komitmen kita langsung kepada Allah SWT.

  1. Menumbuhkan Kasih Sayang

Ditengah tekanan Covid-19 kita diajak secara global untuk peduli antar sesama dan mampu menangkap getaran hati karena lumpuhnya sendi-sendi perekonomian.

READ  Update COVID-19 Muba: Penambahan 13 Kasus Positif

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu mengasihi dan menyayangi sesama umat.

Bulan Ramadhan adalah sebaik-baiknya waktu bagaimana seorang yang kaya bisa merasakan penderitaan orang fakir. dapat tumbuh di dalam hati kita.

  1. Penting, Mengakui Kelemahan Diri

Mengakui kelemahan diri yang tidak bisa hidup tanpa makan dan minum sehingga seseorang tidak bersikap angkuh dan sombong terhadap orang lain.

  1. Menjernihkan Hati dan Pikiran

Mengosongkan perut bisa menjadi seseorang lebih tabah menahan rasa sakit sehingga jernih dalam berpikir

7.Mampu Bergerak, Bertindak dan Berdampak secara Terarah

Puasa adalah proses training manusia bermetamorfosis untuk menggerakkan semuanya ke titik puncak yang sempurna sehingga sesuai tuntunan Q.S Ar Rum:30 agar mengarahkan wajah ke hadapan yang lurus dan terarah.

Selamat Menyambut Puasa Ramadan 1442 H. Mari perkuat imun, perkokoh iman, raih hidup aman. (D1)

Berita Lainnya