oleh

KONI Sumsel Solidkan Persiapan Menuju Pelatda PON XX Papua

Coganews.co.id | Palembang– KONI Sumsel yang merupakan rumah besar bagi setiap cabang olahraga (Cabor) terus melakukan persiapan meyambut perhelatan akbar  Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) menghadapi ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akhir 2021 nanti.

Hari ini Rabu (3/2) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat persiapan Pelatda di Ruang Rapat lantai 3.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua Pelatda Dr. Syamsuddin Issac Suryamanggala, SPOG, Wakil Ketua II Agung Rahmadi, Wakil Ketua III Suparman Romans dan lainnya.

Dr. Syamsuddin Issac Suryamanggala, SPOG Ketua Pelatda berharap, “Melalui rapat ini semoga kita dapat mengetahui apa saja yang akan dan harus dilakukan (tugas pokok dan fungsi,tupoksi red) pada saat pelaksanaan Pelatda nanti. Sehingga kita dapat merumuskan apa saja yang akan dikerjakan”

KONI dan Pemprov Sumsel sangat intensif mempersiapkan atlet menghadapi PON XX Papua, Oktober 2021 mendatang dan  Pelatda PON XX sendiri bakal dilauncing pada 15 Februari nanti di Griya Agung, dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketum KONI Sumsel Hendri Zainuddin, Kadispora Sumsel, A Yusuf Wibodo, atlet, pelatih, dan insan olahraga lainnya.

Kita harap Pelatda ini nantinya akan meningkatkan prestasi atlet, sehingga bisa mendulang medali di PON yang pada akhirnya bisa memperbaiki posisi Sumsel di peringkat perolehan medali,” kata Hendri didampingi Kabid Humas dan Media KONI Sumsel, Rustam Imron.

Pelatda akan digelar di venue-venue lingkungan Jakabaring Sport City (JSC) dan akan diikuti sekitar 133 atlet.

Disamping itu Yan Hariranto Coga, anggota Tim Monev Cabor Permainan Pelatda PON XX Papua menyatakan, “Kita juga mengajak semua pihak ikut memonitor dan  mensuksesnya pelaksanaan Pelatda PON XX 2021 dari awal sampai dengan selesai.

Tentu kita juga harus mengevaluasi pencapaian pada PON 2016 lalu, harapan besar kita semua kontingen Sumsel nantinya tidak hanya meramaikan namun bisa mewarnai setiap cabang-cabang olahraga di kancah nasional dengan prestasi dan prestise nya kita bahwa Wong Kito Pacak!”

KONI Sumsel pun optimistis menghadapi PON Papua XX. Meskipun pelaksanaan pesta olahraga antar provinsi di Indonesia ini mundur pada Oktober 2021 namun target utama di PON Papua adalah memperbaiki peringkat pada PON sebelumnya di Jawa Barat tahun 2016. Dimana Bumi Sriwijaya bertengger diposisi ke 21 klasemen akhir, dengan hanya meraih enam medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu.

Provinsi Sumsel mengirim atlet untuk 15 cabang olahraga (Cabor), antara lain: atletik, wushu, senam, anggar, muaythai, loncat indah, dayung, pencak silat, bermotor, panjat tebing, bulutangkis, renang, balap sepeda, menembak, ski air, dan sepak takraw. (D1)