oleh

Elysa Fransiska Bongkar Kunci Yana Komara Tetap Eksis di Usia 49 Tahun


Coganews.co.id | JAKARTA – Binaragawan Jawa Timur, Komara Dhita Yana kini tercatat sebagai binaragawan yang tertua tampil di PON Papua 2021 dan pemegang rekor tampil di pesta olahraga akbar nasional empat tahunan. Namun, pria kelahiran yang genap berusia 49 tahun pada 24 Juni 2021 ini masih memiliki tubuh yang indah.


Lantas apa yang menjadi kunci Yana Komara bisa mempertahankan bentuk tubuhnya dan bisa meraih tiket tampil di kelas 80kg setelah menjuarai babak kualifikasi PON di Jawa Barat 2019? Yana hanya menjawab, “Konsisten, kerja keras dan disiplin. Baik itu dalam latihan maupun menjaga pola makanan serta istirahat yang cukup karena itu saling berkaitan dan tidak bisa timpang.”


Jawaban yang disampaikan Yana Komara itu tidak terlalu rinci. Namun. istrinya Elysa Fransiska mau membongkar rahasianya secara detail. Dia menyebut Yana Komara bisa mempertahankan bentuk keindahan tubuhnya karena tiada hari tanpa latihan.
Bukan hanya itu, katanya, Yana Komaras juga sangat disiplin dalam menjaga pola makanan dan waktu istirahat.

Sejak tahun 1994, suami saya sudah menjalani pola hidup sehat dan latihan dengan disiplin yang tinggi. Makanan yang dikonsumsinya sehari hari selalu high protein low carbo serta suplemantasi,” jelasnya.


Lebih jauh Elysa yang merupakan putri almarhum Juni Woker yang pernah menjabat sebagai Kabid Binaraga Sumsel 2000-2019 mengungkapkan, Yana Komara hanya mengkonsumsi makanan yang direbus/panggang dan selalu menghindari makanan yang berminyak, garam, gula, dan bumbu penyedap rasa (msg).


Suami saya itu tidak pernah tergoda dengan makanan pada umumnya yang dapat merusak otot dengan mengkonsumsi makanan berminyak, garam, gula dan penyedap rasa. Kedisiplinan itulah yang membuatnya mampu mempertahankan keindahan otot tubuh meski usia sudah hampir setengah abad,” kata Elysa Fransisca saat dihubungi Gonews.co Group, Rabu (24/2/2021).


Semua itu dijalankannya karena dia paham benar dengan konsekuensi menjadi binaragawan. Makanya, dia mengutamakan Pola Hidup Sehat. Inilah yang harus menjadi contoh binaragawan Indonesia untuk bisa meningkatkan atau mempertahankan otot tubuhnya,” tambah Elysa yang juga Ketua Pengprov PBFI Sumatera Selatan (Sumsel).


Selain menjaga pola makanan, jelas Elysa Fransisca, Komara tidak pernah lepas diet meski sudah selesai tampil di event. “Tak ada istilah open diet/bulking,cutting seperti yang dilakukan kebanyakan binaragawan usai tampil di event. Dia tetap mempertahankan/maintaince kebiasaan yang selama ini dijalani,” ungkapnya.


Bagaimana kalau menghadiri pesta perkawinan atau diundang jamuan makan? Elysa Fransiska yang akrab dipanggil Lisa menjawab,”Biasanya sih saat menghadiri pesta atau jamuan makan hanya menikmati buah-buahan yang disediakan. Dan, dia juga selalu membawa rebusan singkong untuk mengganjal perut jika berada lama pada acara tersebut. Itu sudah menjadi kebiasaannya.”


Sebagai istri, Lisa mengaku mendukung sepenuhnya kegiatan suaminya dalam menjalankan aktifitas sebagai binaragawan untuk bisa meraih prestasi. Apalagi, Yana Komara dituntut setiap bulan harus memberikan laporan ke Jawa Timur tentang perkembangan fisik dan kesehatannya selama menjalani program latihan menuju PON Papua 2021. (D1)

Berita Lainnya