oleh

Tim Korsupgah KPK nyatakan MCP Muratara Rendah Bupati tegaskan Inpekstorat dan Sekda yang harus bertanggung Jawab.

MURATARA| coganews.co.id– Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H.Devi Suhartoni Pimpin Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) Wilayah Sumatera Selatan.

Rapat tersebut berlangsung di ruang rapat Opp Room Setda Kabupaten Muratara Rabu (05/05).

Turut hadir, jajaran OPD Pemkab Muratara, Direktur Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah)Wilayah II Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI Yudhiawan, Person In Charge (PIC) Wilayah Sumatera Selatan, PIC Wilayah Lampung Nindyah Sunardini.

Dalam rapat tersebut, PIC Sumatera Selatan Alfi Rachman Waluyo menyampaikan, apabila kedatangan KPK ke Kabupaten Muratara bertujuan mendorong Pemda bekerjasama untuk mengadakan upaya-upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi.

Alfi menambahkan terdapat tiga tugas pokok KPK yakni Pendidikan, Perbaikan Sistem dan Penindakan, agar tidak terjadinya penindakan, KPK mendorong Pemda untuk melakukan Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan dan Penyelamatan Keuangan dan Aset Daerah.

Terdapat fokus area Monitoring center For prevention Komisi Pemberantasan Korupsi (MCP KPK) yakni Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa.

H.Devi Suhartoni mengatakan dengan Rendahnya MCP Kabupaten Muratara dengan adanya Surat Pengakuan Hutang (SPH) membuat Muratara Lemahnya pengawasan Inpekstorat dan kurang aktifnya untuk update 70 indikator dari grup update MCP yang harus di laporkan setiap bulan.

Di lanjut Devi dengan rendah MCP padahal kita melakukan (Wajar Tanpa Pengecualian) WTP terus, saya tekankan Inpekstorat dan Sekda agar lebih aktif untuk melaporkan MCP secara Rutin tiap bulanya bila masih tidak juga mampu mendongkrak MCP ini lebih baik sebaiknya Sekda dan Inpekstorat mundur saja atau saya Pecat.Tegas Bupati.(AJR).

Berita Lainnya