oleh

Pertemuan Parlemen Dunia Resmi dibuka, Ketua DPR RI Tegaskan Peran Strategis Parlemen dalam Pencapaian SDGs


 
Jakarta|Coganews.co.id, 28/09/2021 – Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duterte Pacheco membuka acara First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs yang bertema Turning the Challenges of the Covid-19 Pandemic into Opportunities for Parliaments to Achieve the SDGs pada Selasa 28 September 2021. Acara yang diprakarasi atas kerjasama DPR RI dan IPU tersebut diselenggarakan secara daring selama tiga hari ke depan.
Dalam sambutannya, Puan Maharani menegaskan pentingnya komitmen bersama dan dunia yang bersatu untuk mewujudkan SDGs dan mengakhiri pandemi melalui peta jalan vaksinasi global (global vaccination road map).

“Road map ini berguna untuk mencapai distribusi vaksin secara adil dan merata, yang berisi langkah seperti berbagi vaksin (dose-sharing) termasuk melalui COVAX facility, peningkatan produksi vaksin global, membantu negara berkembang membuat pusat produksi vaksin, serta teknologi transfer dan pengecualian hak kekayaan intelektual.” ungkap politisi PDIP tersebut.

Lebih lanjut, Puan Maharani juga menegaskan komitmen Indonesia dan peran strategis dukungan politik dari parlemen sehingga SDGs dijadikan sebagai agenda nasional di berbagai bidang. “Ditengah situasi pandemi, Indonesia tetap berkomitmen untuk melaksanakan SDGs dan fokus pada sistem perlindungan sosial, sistem kesehatan nasional, industri, pariwisata, dan investasi ekonomi hijau, dan sistem ketahanan bencana” tegasnya.

Diskusi yang dimoderatori oleh Mercy Juma, Jurnalis BBC Afrika menghadirkan Ms. Ms. Amina J. Mohammed, Deputi Sekretaris Jenderal PBB sebagai pembicara utama. Amina menegaskan posisi SDGs sebagai pendekatan inklusif bagi pembangunan global. Perempuan asal Nigeria tersebut juga menedorong anggota parlemen untuk memfasilitasi transisi pasca pandemi di negara masing-masing.

Hari pertama pertemuan ketua-ketua parlemen sedunia ini membahas tiga topik yang dibagi menjadi tiga sesi yaitu mengenai kontribusi parlemen dalam realisasi SDGs di masa pandemi, target SDGs dalam melindungi kaum minoritas dan termarjinalkan, serta jaminan kesehatan universal. Hadir sebagai pembicara pada masing-masing sesi antara lain Kareen Jabre (Director of Programs Division of IPU), Fernand de Varennes (United Nations Special Rapporteur on minority issues), Tedros Adhanom Ghebreyesus (Direktur Jenderal World Health Organization).

Sebagai tambahan informasi, BKSAP DPR RI secara aktif mengkampanyekan peran parlemen dalam pencapaian TPB di berbagai forum antar parlemen seperti IPU General Assembly, G20 Parliamentary Speakers Summit, World Conference of Speakers of Parliament, AIPA General Assembly, dan berbagai forum multilateral lainnya. Bahkan di tahun 2017, DPR RI juga berhasil menginisiasi forum parlemen dunia pertama yang membahas TPB dan menghasilkan Bali Declaration berisi serangkaian komitmen parlemen dalam memastikan pembangunan berkelanjutan yang inklusif.

Berita Lainnya