oleh

Ahirnya.! RAPBD Kabupaten Muratara Tahun 2022 di Sahkan oleh DPRD

MURATARA|coganews.co.idDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022.


Rapat paripruna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara Efriansyah didampingi Wakil Ketua I Amri Sudaryono, Wakil Ketua II Devi Arianto dari ruang sidang utama gedung Paripurna DPRD Jumat Malam (24/12).

Sementara, Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara H.Devi Suhartoni bersama  dan jajaran pejabat lainnya mengikuti rapat paripurna itu secara langsung.


Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara Efriansyah mempersilahkan, Enam fraksi untuk menyampaikan pandangan Ahirnya, Fraksi Gerindra disampaikan Oleh Muhammad Ali, Fraksi Demokrat disampaikan oleh Aguscik , Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Riduan ,Fraksi PBB disampaikan oleh Hadi Subeno. Fraksi Karya Pembangunan Keadilan (KPK) di sampaikan oleh M.Hadi dan Fraksi Nasional Amanat Kebangkitan (Nasaki) disampaikan oleh I Wayan Kocap.

Dalam rapat paripurna itu,Keenam fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara menyatakan menerima dan menyetujui Raperda APBD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).


“Maka kesimpulan rapat paripurna kita pada hari ini adalah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2022 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah,” ucap Efriansyah seraya mengetuk palu sidang satu kali.


Setelah disetujui, kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilakukan antara pihak eksekutif dan legislatif secara langsung.


Sebelumnya, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara telah melakukan pembahasan perumusan Raperda APBD TA 2022 tersebut secara rinci dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Musi Rawas Utara ditingkat Komisi dan Banggar.


Meski demikian,  Badan Anggaran (Banggar), DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara juga menyampaikan sejumlah catatan, baik berupa saran, pendapat maupun masukan untuk pertimbangan guna keberhasilan pelaksanaan tugas kedepan.


Sementara, Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara H.Devi Suhartoni mengatakan, bahwa APBD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022 dirancang sebagai anggaran yang inovatif dan antisipatif, serta didasarkan pada kebutuhan masyarakat dengan tetap mengutamakan prinsip akuntabilitas serta transparansi.


“Dapat kami sampaikan, secara garis besar fokus APBD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022 adalah pada pembangunan infrastruktur untuk fasilitas publik, pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, dukungan pelaksanaan  pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi yang masih berlangsung,” Disampaikan Bupati.


Lebih lanjut Devi dalam peyampainya, persetujuan DPRD atas Raperda APBD Tahun Anggaran 2022 tersebut telah melalui proses pembahasan pada tingkat Komisi dan Badan Anggaran.


Menurut Devi, setiap pembahasan anggaran dilakukan secara serius dan cermat, terutama dari pos-pos belanja yang sudah ditata sedemikian rupa berdasarkan skala prioritas, sebagaimana yang disampaikan oleh Badan Anggaran dan diakhiri dengan kata akhir dari Enam fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara.


“Kami yakin dan percaya bahwa persetujuan yang diberikan tersebut didasari oleh pandangan dan pengamatan yang realistis dari para Anggota Dewan yang terhormat, dalam rangka melanjutkan pembangunan di Kabupaten Musi Rawas Utara ,” ujar Devi.


Lebih lanjut Bupati menyampaikan, dengan telah disetujuinya Raperda APBD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022 tersebut, maka selanjutnya Rancangan APBD tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk dievaluasi.


“Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota Dewan yang terhormat atas kerja sama yang baik selama ini, serta dukungan kepada eksekutif. Sehingga Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun Anggaran 2022 dapat disetujui,” ujarnya.


Bupati juga mengatakan, dengan terciptanya kerja sama yang baik dan harmonis antara pihak eksekutif dan legislatif dalam penyelenggaraan pemerintahan, tentuanya akan mempercepat pencapaian visi dan misi serta tujuan pembangunan yang dicita-citakan.


“Usulan, imbauan, saran dan permintaan perhatian yang telah disampaikan pada kami, baik yang disampaikan dalam Pandangan Umum para Anggota Dewan, rapat-rapat Badan Anggaran maupun yang diungkapkan dalam kata akhir fraksi, akan menjadi perhatian dan akan kami tindak lanjuti untuk perbaikan dimasa mendatang,” pungkasnya. (AJR)

Berita Lainnya