Jaringan Aksi “98” Terjadi Perampasan yang Dilakukan Oknum Debt Kolektor Pada Mobil Avanza

Coganews.co.id. Palembang,– Puluhan Aksi demo Presidium Jaringan Aksi “98” Sumatera Selatan Melakukan aksi solidaritas untuk melindungi hak konsumen. Yang di lakukan di Kantor Halaman Leasing ACC Finance Jalan Veteran Palembang, Jumat (3/5/2024).

Koordinator Aksi Ramogers, SH, Muhammad Ali, SE, M.Si, Bambang Purnomo, Mukri, Supratman Suryadi, Irawan Van Maryyi (ambon), Junaidi, Rizki Pratama ST mengatakan, “Presidium jaringan aksi “98” Sumatera Selatan melakukan aksi solidaritas untuk melindungi hak konsumen, setelah memperhatikan secara seksama apa yang dilakukan leasing ACC telah mengangkangi peraturan kapolri (perkap) No 8 tahun 2011 tentang pengamanan eksekusi jaminan fidusia,” katanya.

Lanjutnya, Ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kekerasan terhadap nasabah atau debitur, karena seringkali terjadi kekerasan yang dilakukan oleh debt kolektor terhadap debitur yang tidak bisa membayar kewajibannya seperti: Penarikan sepeda motor dan mobil, kasus penarikan paksa kendaraan yang dilakukan debt kokektor ini membuat resah debitur.

READ  Kompak, Dua Perwira Ini Sebut Muba Luar Biasa

” Hal ini menjadi atensi bagi Polda sumsel untuk melakukan penegakkan hukum, selain itu juga terjadi perampasan yang dilakukan oknum debt kolektor pada mobil avanza tipe E tahun 2018 warna silver BG 1503 R dimana setelah dilakukan pengecekkan, mobil tersebut sudah dipool penitipan mobil jambi,” tandasnya.

Koordinator Lapangan Anton, Jack, Mursidah menambahkan, Dari hal tersebut kami menduga Debt kolektor mengaku atas nama , leasing ACC jika dilakukan pengambilan dijalan, merupakan tindak pidana peramppasan dan bisa dijerat pasal 368, pasal 365 KUHP ayat 2,3 & 4 junto, dari hal tersebut diatas kami dari presidium jaringan aksi “98” menuntut antara lain:

Tutup leasing ACC finance yang diduga turut serta dalam dugaan tindakan melindungi Debt Kolektor melakukan tindakan perampasan (dugaan tindak pidana) mobil Avanza BG 1503 R warna silver

READ  Safari Jumat, Pj Bupati Muba Bantu Pembangunan Masjid An-Nur Desa Suka Damai

Leasing ACC sudah merampas hak perlindungan konsumen menggunakan Debt kolektor, perampasan kendaraan dijalan, penumpang kendaraan ditelantarkan jauh dari perbuatan manusiawi dan diduga ada unsur pidana

Lebih Lanjut, Meminta Polda sumatera selatan dan mendukung penegakkan hukum disumatera terhadap dugaan keresahan yang dilakukan oleh oknum debe kolekter ACC, perampan kendaraan dijalan dan menangkap segerombalam oknum pelaku perampasan suhan dari Icasing ACC.

Ini model baru perampasan kendaraan yang dilakukan oleh Debkolektor yaitu perampsaan kendaraan di luar Provinsi sehinggad diduga korban tidak bisa bertindak kuat ,maka kami meminta melalui Kopolda Sumsel dan Kapolri untuk lebih tegas lagi.

” Meminta Lembaga perlindungan konsumen dan OJK memberikan sariku segan mencabut izin operasional terhadap leasing ACC diduga telah lalai terhadap bak hak perlindungan konsumen,” pungkasnya ( C.01)