APKASI Otonomi Expo 2024, Stan Muba Pamerkan Produk Unggulan Kain Khas Gambo

JAKARTA, – Pemerintah Kabupaten Muba turut berpartisipasi pada ajang APKASI Otonomi Expo Tahun 2024, di Jakarta Convention Center, Rabu (10/7/2024).

Dalam kegiatan ini Pemkab Muba tampil eksis dengan menyuguhkan berbagai produk-produk unggulan, diantaranya kerajinan kain Khas Gambo Muba. Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

“Gambo saat ini juga telah menjadi identitas Kabupaten Muba. Tentunya dengan mengikuti APKASI Otonomi Expo kita bisa memamerkan dan memaparkan potensi yang ada,” kata Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi meninjau Stan Muba di APKASI Otonomi Expo 2024.

Lanjutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) pada tanggal 10-12 Juli 2024, dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

READ  Antisipasi Kekosongan Uang Tunai BSB Himbau Agar Nasabah Gunakan Pelayanan Elektronik

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi tersendiri bagi pengrajin maupun masyarakat, untuk lebih mengeksplor lagi potensi sumberdaya alam dan produk unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MT mengatakan untuk APKASI Otonomi Expo Tahun 2024 ini produk yang ditampilkan selain produk kerajinan Gambo Muba, juga produk unggulan dari komoditas perkebunan, pertambangan, dan termasuk produk dari UMKM.

“Alhamdulillah stan Gambo Muba juga bisa eksis di APKASI Otonomi Expo tahun ini, para peserta cukup antusias mengunjungi Stan kita, banyak yang berminat terutama terhadap produk kerajinan Gambo Muba,” ungkapnya.

Hadir langsung dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Muba Indita Purnama SSos MM, dan Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Muba Demon Hardian Eka Suza SSTP MSi, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kabid Informasi Publik Frans Gustian ST, dan Pranata Humas Ahli Muda Bidang Komunikasi Publik Slamet Rianto SE MSi.