PLN UP3 Bengkulu dan TNI Bersinergi Wujudkan Keandalan Listrik di Bengkulu: Kolaborasi Strategis dalam Mengatasi Tantangan Distribusi Listrik

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis antara PLN UP3 Bengkulu dan Danrem 041/Garuda Emas

Bengkulu, 10 September 2024 – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis (PKST) dengan Komando Resort Militer (Korem) 041/Garuda Emas, yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan distribusi tenaga listrik di Provinsi Bengkulu (06/09).

Acara ini dihadiri oleh Pangdam II/Sriwijaya, Gubernur Bengkulu, Kapolda Bengkulu, General Manager PLN UID S2JB, Danrem 041/Garuda Emas, serta Bupati Kabupaten Seluma. Kehadiran para pemangku kepentingan ini menunjukkan komitmen bersama PLN dan Formopimda dalam mendukung keandalan infrastruktur kelistrikan di wilayah tersebut.

Salah satu inisiatif penting yang akan dilakukan melalui kerjasama ini adalah penyelenggaraan bimbingan teknis bagi seluruh jajaran Babinsa terkait distribusi tenaga listrik serta identifikasi penyebab gangguan pada jaringan listrik. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan Babinsa dapat mendukung PLN dalam pembersihan pohon yang berada di jalur distribusi listrik, yang sering menjadi sumber gangguan jaringan. Sebagai pilot project, program ini akan mulai diterapkan di ULP Tais, Kabupaten Seluma.

PLN berharap, dengan adanya kerjasama ini, dapat dijalankan solusi yang komprehensif untuk mengatasi permasalahan dalam menjaga keandalan suplai listrik di daerah yang mayoritas merupakan area perkebunan.

READ  Tingkatkan Keandalan Listrik melalui Pemeliharaan Tanpa Padam, PLN UP3 Bengkulu Pelihara 29 Titik Jaringan Kelistrikan

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, dalam sambutannya mengapresiasi dukungan dan kolaborasi Korem 041/Garuda Emas dan stakeholder terkait.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi strategis dengan Korem 041/Garuda Emas ini serta jajaran stakeholder. Dengan adanya kerjasama ini, kami optimis PLN akan lebih mampu menjaga keandalan distribusi listrik, terutama di daerah-daerah perkebunan yang sering kali menjadi tantangan bagi kami. Bimbingan teknis yang diberikan kepada Babinsa juga diharapkan dapat mempercepat proses penanganan gangguan jaringan listrik yang disebabkan oleh faktor lingkungan.”

Manager PLN UP3 Bengkulu, M. Syafdinnur, turut menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya kerjasama ini.

“Kerjasama ini adalah langkah besar untuk memastikan distribusi listrik yang andal di Bengkulu. Kami berharap dengan adanya dukungan dari jajaran TNI, proses identifikasi dan penanganan gangguan pada jaringan listrik akan menjadi lebih efisien, terutama di wilayah yang sulit dijangkau. Pilot project di ULP Tais menjadi awal dari langkah yang lebih besar untuk perbaikan ke depan,” ujar Syafdinnur.

Komandan Korem 041/Garuda Emas, Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, menyambut baik kerjasama ini dan berharap PKST ini dapat mendukung penjngkatan keandalan listrik di Bengkulu.

“Kami dari TNI, khususnya Korem 041/Garuda Emas, siap mendukung PLN dalam upaya menjaga keandalan listrik di wilayah Bengkulu. Kami yakin sinergi ini akan mempercepat proses identifikasi dan penanganan gangguan listrik di lapangan. Kerjasama ini adalah salah satu bentuk nyata dukungan kami kepada masyarakat dalam peningkatan keandalan listrik.”

READ  Kembalikan Fungsi Gedung Juang Muba, Kucurkan Rp982 Juta

PLN berkomitmen untuk terus menjaga keandalan listrik di Provinsi Bengkulu dan wilayah lainnya. Dengan adanya PKST ini, diharapkan sinergi antara PLN dan TNI dapat menjadi salah satu solusi strategis dalam menghadapi tantangan distribusi listrik, khususnya di wilayah yang dipenuhi oleh perkebunan.

Narahubung
Iwan Arissetyadhi
Manager Komunikasi & TJSL PLN UID S2JB
Tlp. 0711 358355, 358671, 358804, 358859
Facs. 0711 310376, 357440

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.