Pastikan Keamanan dan Akurasi Pemakaian Listrik Pelanggan, PLN UID S2JB Lakukan Pemeriksaan kWh Meter Gabungan

 

Jambi, 10 Oktober 2025 – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) terus berkomitmen memberikan pelayanan listrik yang aman, andal, dan akurat bagi seluruh pelanggan. Melalui kegiatan Pemeriksaan kWh Meter dan Instalasi Tenaga Listrik Gabungan yang digelar di Kota Jambi, PLN melakukan pemeriksaan terpadu untuk menjamin keamanan instalasi serta ketepatan alat ukur listrik pelanggan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan Tim se-wilayah kerja UID S2JB. Seluruh peserta mendapatkan pembinaan langsung dari tim ahli PLN untuk meningkatkan keahlian teknis dalam melakukan monitoring pemakaian tenaga listrik dan pemeriksaan instalasi pelanggan.

Manager EPM PLN UID S2JB, Pungki, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret PLN dalam menjaga kepercayaan pelanggan dan memastikan sistem kelistrikan tetap aman serta efisien.

“Keandalan sistem kelistrikan tidak hanya ditentukan oleh jaringan PLN, tetapi juga oleh kondisi instalasi di sisi pelanggan. Melalui pemeriksaan gabungan ini, kami ingin memastikan bahwa kWh meter berfungsi akurat dan instalasi pelanggan memenuhi standar keselamatan. Hal ini penting agar pelanggan dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman,” ujar Pungki

READ  PKK Muba Gelar Sosialisasi Cegah Pernikahan Dini dan Penyalagunaan Narkoba

Menambahkan hal tersebut, Suwarno, salah satu expert dalam kegiatan pemeriksaan ini, menjelaskan bahwa dinamika kebutuhan listrik masyarakat saat ini semakin kompleks, sehingga PLN perlu terus meningkatkan ketelitian dalam pengawasan.

“Saat ini energi listrik dipakai untuk kebutuhan yang sangat beragam dan terkadang kompleks, sehingga berdampak pada instalasi pelanggan yang cukup rumit dan pengukuran kWh meter yang kurang akurat. Untuk itu PLN harus dapat memastikan keamanan pelanggan dan aset secara kontinyu,” jelas Suwarno.

Selain sebagai upaya peningkatan kompetensi internal, kegiatan ini juga menjadi bagian dari edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap keselamatan penggunaan listrik di rumah maupun tempat usaha. PLN mengimbau masyarakat untuk:

Melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala oleh pihak yang kompeten dan tersertifikasi; Menggunakan tenaga listrik secara resmi melalui sambungan legal PLN;
Menghindari penggunaan instalasi tidak standar yang dapat menyebabkan risiko kebakaran atau korsleting.

General Manager PLN S2JB Adhi Herlambang menambahkan bahwa sinergi antara PLN dan pelanggan menjadi faktor penting dalam menjaga keamanan dan keandalan sistem kelistrikan.

READ  PLN Melesat ke Fortune Global 500, Digitalisasi dan Beyond kWh jadi Kunci

“PLN akan terus mengedukasi dan mendampingi pelanggan agar penggunaan listrik tidak hanya efisien, tetapi juga aman. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memastikan instalasi listrik di rumahnya sesuai standar dan menggunakan tenaga listrik secara resmi,” tutup Adhi.

Dengan langkah ini, PLN UID S2JB berharap masyarakat semakin memahami pentingnya penggunaan listrik yang aman dan bertanggung jawab demi terciptanya kenyamanan dan keselamatan bersama.

Narahubung
*Iwan Arissetyadhi*
Manager Komunikasi & TJSL PLN UID S2JB
Tlp. 0711 358355, 358671, 358804, 358859
Facs. 0711 310376, 357440

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.