COGANEWS.COM | Palembang – Semakin berkembangnya teknologi komunikasi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan secara cepat bahkan tanpa perlu beranjak dari tempatnya.
Hal ini telah menjadi fokus pengembangan layanan PLN sejak beberapa tahun lalu melalui Contact Center 123.
Dilaunching pada Tahun 2012, Contact Center 123 menjadi andalan layanan cepat PLN kepada pelanggan. Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi informatika, PLN juga menghadirkan akses layanan cepat dalam genggaman melalui PLN Mobile.
Kedua layanan tersebut merupakan akses yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mendapatkan berbagai layanan dan informasi seputar produk-produk PLN.
Contact Center PLN 123 merupakan layanan PLN 24 jam untuk pelanggan yang dapat diakses melalui saluran Telepon 123, Handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, Email pln123@pln.co.id, dan website www.pln.co.id. Sedangkan PLN MOBILE merupakan akses layanan PLN berbasis aplikasi mobile.
Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis melalui Playstore maupun Appstore. Setelah diinstal, maka pelanggan dapat mendaftarkan nomor langganan PLN atau ID Pelanggan sebagai user aplikasi tersebut sehingga aplikasi akan menunjukkan lokasi pelanggan pada peta yang tertera secara otomatis.
Melalui aplikasi ini, pelanggan akan diberikan informasi tagihan listrik saat ini atau histori pembelian token terakhir, serta informasi pekerjaan atau pemeliharaan jaringan listrik di seputar tempat tinggal pelanggan.
Adapun layanan-layanan yang tersedia di Contact Center PLN 123 dan PLN Mobile diantaranya adalah: sambungan baru listrik, mengubah daya, pemasangan listrik sementara, melaporkan gangguan, informasi tagihan listrik dan informasi kelistrikan lainnya.
Manager komunikasi PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Bakri mengatakan bahwa layanan Contact Center 123 dan PLN Mobile ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.
“Dengan Layanan ini, PLN memberikan kemudahan dan keleluasaan akses Kepada pelanggan untuk mendapatkan layanan PLN secara cepat serta kapanpun dan dimanapun”, ungkapnya saat diwawancarai awak media.
Lebih lanjut Ia menuturkan, “Contact center 123 dan PLN MOBILE merupakan layanan telepon PLN yang melayani pelanggan PLN selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun, artinya layanan pintu layanan ini tidak mengenal libur,” bebernya
Dalam penyampaiannya, Bakri juga menjelaskan bahwa Contact Center PLN 123 dan PLN MOBILE berhasil meraih 9 kategori penghargaan di ajang The Best Contact Center Indonesia Award 2019 pada 10 September lalu. The Best Contact Center Indonesia Awards sendiri dilaksanakan untuk mengembangkan industri contact center di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas.
Semangat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan listrik akan terus ditingkatkan melalui serangkaian inovasi agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi PLN dan mendapat akses informasi kelistrikan di manapun mereka berada.
Hal ini terbukti setelah salah satu pelanggan PLN di kota Palembang tepatnya di kelurahan Alang Alang Lebar RT 03 melaporkan gangguan listrik. Dengan sigap Tim PLN langsung terjun ke lokasi gangguan.
Yati ibu rumah tangga yang berdomisili di kelurahan Alang Alang Lebar RT 03, Palembang menuturkan. “Iya tadi siang hingga sore listrik di rumah saya padam, saya mengetahui setelah waktu beranjak magrib ternyata hanya di rumah saya yang padam dan melaporkan ke PLN selang berapa menit mobil PLN datang dan langsung cek sambungan kabel ternyata cuma ada sambungan kabel dari rumah ke rumah yang kendor. Setelah itu listrik di rumah saya Nayala dan normal kembali. Terimakasih buat PLN yang selalu siaga 24 jam,” ungkap Yati, Senin (24/2/2020).
@Nopri