oleh

Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP)

COGANEWS.COM | Palembang —Bawaslu Republik Indonesia meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Jakarta, Selasa (25/02/2020) lalu.

Berdasarkan hasil penelitian Bawaslu rata- rata penyelenggaran pilkada Kota/Kabupaten berada dalam kategori rawan tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan pencegahan pelanggaran dan pengawasan penyelenggaraan Pilkada secara maksimal yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

Dari indeks kerawanan yang dirilis Bawaslu Republik Indonesia dari 7 Kabupaten/Kota yaitu Ogan Komering Ulu Timur, Sementara Selatan, yang tidak rawan di daerah Ogan Ilir, karena dia menempati peringkat 259 dari 261 Kab/Kota yang menyelengarakan Pilkada serentak dalam hal ini diungkap ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, ST., MM, di Kantor Bawaslu Propinsi Sumatra Selatan, Jumat (28/02/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, ada empat konteks sosial politik, penyelenggaraan Pilkada yang bebas dan adil, partisipasi, investasi.

“Dari empat dimensi itu lah yang kita melakukan penelitian dan timbulah angka indeks yang disampaikan hari ini,” bebernya

Menurut Ia, upaya yang  dilakukan adalah pertama harus memohon kepada masyarakat dan stekholder yang berkepentigan untuk mensukseskan Pilkada di 7 Kabipaten Kota di Sumsel

“Dengan harapan bisa mencegah diantaranya pertama kita lakukan sosialisasi kepada stekholder agar ikut bersama-sama melakukan pengawasan terhadap tahap-tahapan yang dilksanakan KPU,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas untuk bagaimana mewujudkan Pilkada bersih, menolak politik uang, isu sara, hoax, ujaran kebencian sehingga pelaksanaan pemilu bisa terlaksana dengan demokratis.

“Upaya lain terhadap kerawanan pemilu ini, kami akan membangun koordinasi yang positif dan konstruktif kepada stekholder terkait seperti Kepolisian, KPU, FKBU dan Organisasi masyarakat yang sangat erat kaitanya agar bagai mana Pilkada ini bisa sukses,”pungkasnya.

@Putra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya