oleh

Kapolda Hadiri Rapat Kesiapsiagaan Penanganan Corona Virus Wilayah Sumsel

COGANEWS.COM | PALEMBANG – Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, menghadiri rapat kesiapsiagaan penanganan Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di wilayah Sumsel bertempat di Griya Agung Palembang, Sabtu (21/03/2020).

Kegiatan rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, Ketua DPRD Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati, Kepala BPBD Sumsel Ir. H. Iriansyah, dan FKPD Provinsi Sumsel.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, bahwa berita baik yang pihaknya dengar tentang keadaan Sumsel meskipun ada Orang Dalam Pengawasan (ODP) namun sementara yang positif masih nol.

“Rapid test dari pemerintah pusat akan dibagikan ke daerah-daerah dan nantinya akan digunakan untuk pemeriksaan medis dengan teknis tertentu, dari situ juga kita akan mendapatkan peta bahwa daerah Sumsel ini apakah ada yang terpapar Covid-19 atau virus Corona,” jelasnya.

Tito menambahkan, sambil menunggu rapid test dari pemerintah pusat, tentunya kita harus melakukan kebijakan-kebijakan dengan standarisasi yang sama, baik tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota yaitu, dengan melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu Covid-19.

“kemudian cara mengantisipasinya, baik memproteksi diri dengan mencuci tangan dengan bersih, menggunakan hand sanitizer, memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga jangan sampai tertular, itu ada poin yang paling terpenting,” katanya.

Lanjut Tito, kita harus menjaga jarak atau social distancing minimal 1 meter, dan pihaknya berpesan kepada warga Sumsel, harus menjaga kesehatan jangan sampai ada penularan dan pahami betul tentang social distancing termasuk kegiatan kerumunan yang mengumpulkan banyak orang.

“Saya sebagai warga asli Sumsel punya tanggung jawab moral, saya sangat bersyukur saat ini angkanya masih nol, saya berharap Sumsel Insya Allah dengan kerja keras kita semua tidak ada kasus Covid-19 apalagi kematian, akan tetapi tetap antisipasi dengan mekanisme atau sistem yang dibuat oleh Gubernur maupun kepala daerah yang ada di Sumsel bisa menjadi sistem/model penanganan diwilayah lain,” pungkasnya.

Dari sudut ruang rapat tersebut, tampak hadir mendampingi Kapolda Sumsel, Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Djihartono, Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Budi Sajidin, Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol. dr. Syamsul Bahar dan Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol. Yudo Nugroho Sugianto.(Del)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya