Latih Kader PKK Muba Buat Desain dan Kemasan Lebih Menarik

Coganews.co.id | SEKAYU – Dalam rangka meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kualitas kerja kelompok UP2K dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga. Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Pelatihan Desain Kemasan dan Administrasi UP2K PKK, Senin (25/10/2021) bertempat di Auditorium
Pemkab Muba.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni Hernedi, hadir secara langsung untuk membuka acara pelatihan tersebut. Pada kesempatan ini Susy menuturkan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) adalah suatu program yang bertujuan untuk lebih meningkatkan peran kader, dalam membantu keluarga mewujudkan kesejahteraan peningkatan usaha ekonomi mikro dan kecil serta untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

“Melalui kegiatan pelatihan desain kemasan dan administrasi UP2K PKK, diharapkan agar para kader dapat menciptakan kemasan yang menarik dan meningkatkan daya jualnya. Kemudian diharapkan adanya pembenahan terhadap administrasi, yang dapat ditata dan dikelola dengan tepat dan benar secara terus menerus dan berkelanjutan. Sehingga kapasitas organisasi bisa meningkat sejalan dengan tantangan zaman dan dinamika masyarakat yang semakin meningkat,”bebernya.

READ  Dedikasikan Gerakan TP PKK untuk Pemberdayaan Keluarga di Muba

Lanjut Susy, desain kemasan merupakan identitas visual sebuah brand dalam rangka membangun persepsi positif tentang produk. Maka dari itu desain kemasan harus dibuat menarik agar produk dapat menang dipasaran. Saat akan dilakukannya transaksi jual dan beli, langkah pertama harus mengetahui produknya, kemudian mencari yang spesifik, setelah itu konsumen akan menyeleksi yang tampilan visualnya paling baik. Hal inilah yang membuat branding dan packaging menjadi hal yang sangat penting.

Bahkan berdasarkan survei 85% dilihat dari kemasan kemudian mutu dari produk. Jadi kemasan dan juga mutu dari produk harus sama baik dan menarik. Kemasan yang baik harus disertai berbagai informasi dengan mencantumkan label, kandungan gizi, tanggal kadaluarsa, alamat produksi, komposisi dan lainnya yang memuat informasi terkait dengan produk.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menimbulkan banyak manfaat dan juga pengetahuan bagi kita semua. Harapan kami melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus merupakan forum belajar berwirausaha dan meningkatkan keterampilan usaha ekonomi produktif keluarga,”ungkapnya.

READ  Pemkab Muba Bersama DPR RI dan KKP ajak Masyarakat Gemarikan

Ketua Pokja II Herliyani Yusuf dalam laporannya menyampaikan, Pelatihan Desain Kemasan dan Administrasi UP2K PKK dalam rangka untuk mensejahterakan usaha ekonomi keluarga.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan jumlah peserta 45 orang terdiri dari 15 kecamatan yang ada Kabupaten Musi Banyuasin. Kegiatan pelatihan ini terdapat dua narasumber yang akan menyampaikan materinya, yang pertama Ketua Pokja II PKK Provinsi Sumatera Selatan Dedeh Daswila sebagai narasumber administrasi UP2K, kemudian narasumber yang kedua dari Rumah Kemasan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Hazmid.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut membantu untuk mensukseskan kegiatan ini. Semoga para peserta yang telah hadir dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UP2K PKK dalam mengelola usahanya, dapat menciptakan desain kemasan yang menarik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan pemasaran,”tandasnya.

Diakhir acara, Ketua Pokja II Provinsi Sumsel Dedeh Daswila menyerahkan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk PAUD di Kabupaten Muba. (Rill)