oleh

Fakultas Ekonomi Unsri Melaksanakan sidang senat terbuka Dies Natalis ke 62

Palembang, Coganews.co.id,- Fakultas Ekonomi Unsri melaksanakan sidang senat terbuka Dies Natalis ke 62 dengan melaksanakan orasi ilmiah building academic atmosphere through collaboration and empowerment oleh Prof Dr Diah Natalis, M.B.A. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, Senin (31/10/2022).

Sidang senat ini dihadiri oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Prof Dr Diah Natalisa, M.B.A, pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumsel Riza Fahlevi, Rektor UNSRI yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I UNSRI Prof Ir Zainuddin Nawawi, Ph.D, Wakil Rektor II UNSRI Mukhtaruddin, S.E.,M.Si.,AK,CA, Dekan Fakultas Ekonomi UNSRI Prof Dr Mohammad Adam, S.E.,M.E.,CFP.,QWP.,CWM, serta undangan lainnya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Dr Diah Natalisa, M.B.A, saat diwawancarai mengatakan, saat bicara dalam tataran negara maka sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Kalau bicara mengenai demokrasi, dimana tujuannya adalah bagaimana perbaikan pelayanan publik nasional, maka itu tidak bisa dilaksanakan oleh pemerintah saja atau dilakukan oleh beberapa pihak saja.

“Tetapi ada tanggung jawab bersama, jadi ini merupakan pekerjaan rumah bersama berbagai pihak,” ujarnya.

Diah menuturkan, kalau bicara pemberdayaan, maka ini lebih kearah bagaimana penguatan kompetensi daripada sumber daya manusia (SDM). Dimana untuk SDM misalnya saja diujung tombak penyelenggara pelayanan publik, mereka di sisi kompetensi ini harus memahami secara teknis.

“Selain itu juga pemberdayaan dari sisi hospitality, jadi sering kali mungkin orang kurang puas, bukan karena kompetensi saja,” katanya.

Diah menerangkan, gerakan ini ternyata luar biasa, jadi jangan dikatakan dari hal-hal yang negatif saja, hal-hal positif sangat banyak, sehingga muncul ribuan.

“Sampai saat ini kami menyelenggarakan kompetisi inovasi pelayanan publik sejak tahun 2014,” katanya.

Diah mengungkapkan, pihaknya sudah menjaring lebih dari 22 ribu TOP inovasinya. Jadi yang masuk inovasinya sangat banyak, dimana di tahun ini saja sebanyak 3478 inovasi yang ikut serta.

Untuk di provinsi Sumsel termasuk salah satu dari provinsi yang kami juga sudah mengimplementasikan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik.

“Jadi semacam HAP inovasi yang dapat menjadi knowledge sharing, jadi ini merupakan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan teman-teman media juga untuk mengekspose praktek-praktek yang baik,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Ekonomi Unsri, Mohammad Adam menuturkan Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-62 bertema Building Academic Atmosphere Through Collaboration and Empowerment yang merupakan salah satu wujud antusias dari dosen, mahasiswa, serta tenaga pendidik maupun alumni.

“Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-62 bertujuan memberikan kontribusi dalam membangun atmosfer akademik,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya agar bertujuan untuk menciptakan sumber daya di bidang ekonomi dan bisnis bagi pembangunan Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Adam menyebutkan Fakultas Ekonomi Unsri memiliki alumni dengan potensi yang baik sesuai kebutuhan pasar dalam berkontribusi bagi pembangunan di Sumatera Selatan

“Bagi Sumsel alumni yang berkiprah dan memiliki potensi yang baik dapat membantu dalam pembangunan,” pungkasnya (niken)