oleh

Bapak Ibu Literasi Kecamatan dan Desa Kelurahan di Wilayah Muratara di Lantik.

COGANEWS.CO.ID | MURATARA – Bunda Kabupaten Musi Rawas Utara, Ibu Rita Suryani menghadiri sekaligus mengukuhkan Bunda Literasi 7 Kecamatan 82 Desa 7 Kelurahan yang dilaksanakan di RM Sederhana Mandang, Jum’at (2/12/2022).

Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis. Literasi sangat banyak sekali manfaatnya, salah satu keuntungan dari literasi ini diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca serta juga dapat membiasakan seseorang untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya. Dalam perkembangan sekarang ini literasi menjadi kunci peningkatan kualitas SDM.

Dalam sambutannya Rita Suryani menyampaikan “Indonesia dalam perkembangannya merupakan negara dengan kemampuan literasi yang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia tenggara, oleh sebab itu Pemerintah menitikberatkan peningkatan kemampuan literasi pada semua jenjang pendidikan agar bisa mendorong peningkatan kualitas SDM kita. Dengan konsep peningkatan kualitas SDM inilah maka konsep Bunda Literasi hadir untuk menggerakan budaya membaca dan menulis pada generasi muda” kata Ibu Rita

Pengukuhan Bunda Literasi desa diharapkan menjadi motivator untuk meningkatkan budaya baca dan mengiatkan literasi di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara.

Dirinya berharap keberadaan bunda literasi Kecamatan Desa/Kelurahan, akan menjadi motivator bagi generasi muda untuk gemar mambaca dan menulis dengan baik. Papatah tua mengatakan “hanya dengan membuka lembaran-lembaran buku kita dapat melihat dunia, wejangan ini dapat dipakai sebagai motivasi bagi generasi muda untuk mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk membaca dan menulis.

Rita juga mengajak semua pihak untuk memulainya dari dalam keluarga masing-masing karena keluarga merupakan fondasi dasar untuk mendorong perkembangan kecerdasan anak baik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual. Peran ibu sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak sangat strategis dalam mendorong pengembangan kegemaran membaca terhadap anak. Disamping itu juga harus tetap melibatkan pihak sekolah sebagai lembaga pendidikan utama.

Diakhir sambutannya Rita Suryani juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan berpesan kepada para Bunda Literasi Kecamatan Desa/Kelurahan yang baru dilantik untuk bekerja dengan hati dengan demikian apa pun yang diimpikan akan tercapai dan menjadi berkat bagi banyak orang dan tetap bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan maupun Desa/Kelurahan agar bersama-sama dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk masa depan Kabupaten Musi Rawas Utara yang lebih baik.(AJR).

Berita Lainnya