Pengelaran Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJMD 2025-2045 Tingkat Kabupaten Muratara

Coga Daerah, Muratara6324 Dilihat

COGANEWS.CO.ID | MURATARA – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara ) menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Muratara Tahun 2025, dan Rencana Pemerintah  Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2045. Senin  (29/04/2024) di halaman Kantor Bupati Muratara,  Musyawarah ini digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, dengan mengusung tema

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Insfratruktur dan tata kelola pemerintahan”.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Muratara, H.Devi Suhartoni  dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muratara Sukri Alkap, Kapolres Muratara, Dandim MLM  Kejaksaan Lubuk linggau , Forkopimda Kabupaten Muratara , Unsur Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Muratata , Wakil Bupati  Muratara H.Inayatullah , Sekretaris Daerah Kabupaten Muratara  OPD di lingkungan Pemkab Muratara, Pimpinan BUMN, Instansi Vertikal, Camat se-Kabupaten Muratara Kepala Desa  SE Kabupaten Muratara,Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

Turut hadir Kepala Bappeda Lubuk Linggau, Kepala Bappeda Lebong

Kepala Bappeda Kabupaten Muratara DR.H.Amrullah ,ST., MT ,MM dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk membahas, menilai, dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah yang telah diselaraskan dengan hasil Musrenbang Kecamatan.

Hasil Musrenbang ini akan disusun dalam suatu daftar, yang merupakan daftar urusan prioritas pembangunan di Kabupaten Muratar tahun 2025, sesuai sektor atau bidang yang mengacu pada RPJMD Tahun 2025-2045 Kabupaten Muratara, yang alokasi dana dan sumber pembiayaan disesuaikan dengan Kebijakan Umum Anggaran Kabupaten Muratara Tahun 2025 yang disusun”, ungkapnya.

READ  Rawas Ilir wajib menangkan HDS Putra Daerah untuk menjadi Bupati Muratara

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Muratara, H.Devi Suhartoni menyampaikan Musrenbang memiliki arti yang sangat penting karena selain sebagai wadah penyampaian aspirasi masyarakat, juga merupakan forum koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan daerah untuk tahun 2025.

Hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Muratara yang kita laksanakan hari ini merupakan dasar yang sangat utama dalam rangka menyusun RKPD untuk periode 1 tahun ke depan, khususnya dengan mengoptimalkan ketersediaan dan pemanfaatan sarana, prasarana, dan teknologi, yang selanjutnya sebagai pedoman penyusunan RAPBD Kabupaten Melawi Tahun 2025”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan fokus rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2025-2045 adalah penguatan pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, peningkatan pelayanan dasar masyarakat, pembangunan infrastruktur dasar, dan peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur menuju Good Goverment

Amrullah juga mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang telah diberikan oleh masyarakat. Selanjutnya, Wakil Bupati meminta seluruh Kepala OPD untuk menindaklanjuti hasil dari Musrenbang ini agar pembangunan di Kabupaten Melawi dapat segera dilakukan. Dirinya juga berharap pada tahun 2024 mendatang, pembangunan di Kabupaten Melawi dapat terus meningkat.

Kepada semua Pimpinan OPD, segera rangkum, cermati, dan sesuaikan prioritas pembangunan Kabupaten Muratara kedepan berdasarkan hasil Musrenbang ini. Secara trend memenuhi target, IPM kita terus mengalami peningkatand, pengangguran semakin menurun, angka kemiskinan juga menurun. Indeks Desa Membangun juga mengalami kenaikan. Hasil positif ini harus kita teruskan dan tingkatkan”, ujarnya.

READ  Aliansi Sopir Batu Bara Hauling Nibung Siap memfasilitasi Debat

Dalam kesempatan yang sama Bupati juga menyampaikan  dalam arahannya meminta kepada seluruh jajaran Pemkab Muratara untuk bekerja berdasarkan data yang valid agar program-program yang dilaksanakan kedepannya akan berjalan dengan baik.

Berdasarkan data indikator yang ada, progressnya semua ada peningkatan. Dan Data adalah kunci dalam pembangunan. Tanpa adanya data yang valid, program tidak dapat terlaksana dengan baik. Saya berharap jajaran Pemkab Muratara bisa memiliki program validasi data yang baik”, ujarnya.

seluruh jajaran Pemkab Muratara untuk berani melaksanakan inovasi daerah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang tertuang dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Menutup arahannya, Bupati berharap melalui Musrenbang ini nantinya dapat tersusun program dan kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Diahir arahanya Bupati juga membeberkan bahwa di tahun 2024 ini kita sudah dua kali mengalami Musibah Banjir bandang, yang merupakan 18 Jembatan akses ekonomi masyarakat dan Ratusan Rumah warga yang rusak dan terseret banjir, ini semua tidak bisa menyalahkan siapa-siapa karena ini adalah ujian dari Allah SWT.

Ulu Sungai Rupit , dan Ulu Sungai Rawas berada di Kabupaten Lebong Bengkulu yang daerah perbukitan dan Air ini semua berasal dari Kabupaten Lebong.

Jadi Kami Pemerintah akan segera membangun jembatan gantung dan jembatan Deli untuk akses kendaraan di Desa Suka Menang Insya Allah akan kita bangun tahun ini, termasuk juga Rumah warga yang terseret banjir ujar. Bupati.(AJR)