Kerja Bangunan Tidak Mencukupi, Pria Ini Nekat Buat Uang Palsu

COGANEWS.COM | PALEMBANG, – Seorang buruh bangunan yakni M. Teguh (49) Warga Jalan Panca Usaha, Lorong mufakat, Kelurahan 5 Ulu, Keamatan Seberang Ulu I, berhasil di tangkap Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 134 Satreskrim Polrestabes Palembang. Teguh ditangkap lantaran ia nekat membuat uang palsu (upal) yang menyerupai uang asli dibedeng sewaannya.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Nuryono mengatakan tertangkapnya pelaku Teguh (49) ini berawal dari pemberitaan di media online tentang pedagang yang resah dengan peredaran upal di Palembang.

Dikatakan Anom, setelah diketahui permasalahan itu. Tim Tekab 134 langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap dibedeng sewaanya tanpa adanya perlawanan dari pelaku,” ujarnya, Jum’at (13/3/2020).

READ  Kesiapan SPKLU PLN Diapresiasi Pemudik, Semua Lancar dan Banyak Fasilitas Pendukungnya

Dari tangan pelaku, Tim Tekab 134 turut mengamankan barang bukti satu buah printer dan 72 lembar uang palsu yang belum diedarkan ke masyarakat luas.

Atas perbuatannya, Teguh kini ditahan di Mapolrestabes Palembang dan dijerat Pasal 245 KUHP subsider Pasal 36 ayat (1), (2), dan (3) UU RI Nomor 7 Tahun 2012 tentang Mata Uang Palsu. dengan ancaman selama 15 tahun penjara,” ungkapnya.

Dihadapan petugas, pelaku Teguh mengakui perbuatannya, bahwa ia nekat melakukan hal ini lantaran penghasilan sebagai tukang bangunan tidak cukup jadi ia nekat melakukan aksi itu, Ia pun mengaku modus pembuatan Upal ini dari temannya sendiri yang ada di Bandung. mendapat informasi seperti itu dirinya langsung membuat praktek di Kota Palembang,” katanya.

READ  Dua Pelaku Perjudian Berhasil Diringkus Team Hunter

“Saya baru satu bulan melakukan aksi upal ini dengan sasaran belanja kemudian jual kembali dengan harga miring, untuk uang sudah sudah sekitar Rp. 20 juta. Kemudian uangnya saya pakai sendiri, dan bahan-bahanya saya belikan di pasar,” tutupnya.(Deni).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.