oleh

Quality Time 01.10.22 Ketum BADKO HMI Sumbagsel, Dede Irawan Bersama Akbar Tandjung Sang Guru Bangsa

Tiga Hal Penting dari Sosok Bang Akbar Tandjung untuk Generasi Futuristik Saat Ini

Coganews.co.id | Palembang – Terwujudnya insan intelektual yang membangun kehidupan umat dan bangsa di segala lininya tak bisa terlepas dari kawah candradimuka hijau hitam yang lahir tak jauh dari Ibu Pertiwi. Memiliki komitmen sejati dalam menjemput momentum Indonesia Emas 2045 dengan pijakan mewujudkan masyarakat yang adil makmur serta diridhai oleh Allah SWT.

Membuka lembaran baru di bulan heroik bagi Kepemudaan di Oktober ini, BADKO HMI Sumbagsel yang dipimpin langsung oleh Dede Irawan bersama Kevin Sanjaya Pengurus Bidang Lingkungan Hidup, Dandi Nazor Pengurus Bidang Infokom Digvasi mengikuti Diskusi Serasehan dengan Akbar Tandjung, Tokoh Guru Bangsa yang sudah banyak melahirkan pemikiran dan pemimpin besar dalam sejarah bangsa, di RM Sri Melayu Palembang, Jl. Demang Raya, Lorok Pakjo, pada Sabtu, (01/10/2022).

Turut mendampingi Ulil Mustofa selaku Ketua Umum HMI Cabang Palembang dan Rifana Silva selaku Ketua KOHATI Cabang Palembang.

Dewan sapaan akrab Ketum BADKO HMI Sumbagsel menyampaikan, “Bang Akbar Tandjung ini tokoh besar yang menyaksikan sekaligus pelaku sejarah bangsa dari berbagai lintas generasi. Beliau lahir 14 Agustus 1945, sudah mencapai umur 77 tahun.

Look at the fact, DNA ke-HMI-an sangat tidak bisa dipisahkan. Pada 1969-1970, ia menjabat Ketua Umum HMI Cabang Jakarta lalu Ketum PB HMI 1971-1974.”

Lanjut oleh sosok kharismatik ini bahwa, pertemuan dengan Akbar Tandjung di Bumi Sriwijaya ini menjadi suntikan booster bagi BADKO HMI Sumbagsel kedepannya bagaimana setidaknya mendapatkan tiga hal penting di masa kini yakni: kesetiaan, integritas dan futuristik.

Bang Akbar adalah simbol kesetiaan HMI, tidaklah berlebihan jika kita mengatakan separuh hidupnya untuk HMI, tidak ada Cabang di seantero Nusantara ini yang tidak dikunjungi beliau. Kita malu sama Bang Akbar, semangatnya yang tak pernah memudar untuk membangun umat dan bangsa hingga saat ini.

Bang Akbar juga, sebagai ikonnya tokoh integritas bangsa. Ia sosok pelopor, penyatu sekaligus penyelamat di berbagai organisasi yang beliau ikuti. Berbagai posisi penting sudah ia lakoni, baik sebagai Ketum di PB HMI, pelopor KNPI, berbagai posisi Menteri, Wakil Ketua MPR RI hingga Ketua DPR RI. Jelas, bahwa istilahnya ‘integritas menentukan kualitas‘ melekat kuat di dirinya.

Lalu, Bang Akbar juga sosok yang sangat futuristik terbukti bagaimana ia membentuk wadah lintas ideologi Organisasi Kelompok Cipayung dari HMI, PMII, GMNI, PMKRI, GMKI pada 1972 lalu melahirkan KNPI pada 1974. Ia menyadari bahwa kekuatan pemuda bersatu maka Indonesia Emas 2045 bukan sekedar mimpi. Melihat jauh peluang kedepan serta menjadi pelopor peradaban.

Sementara itu Akbar Tandjung yang didampingi oleh Anggota DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi,  Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, Hasbi Asadiki DPRD dan Rodi Wijaya Ketua DPRD Lubuklinggau beserta rombongan lainnnya menyampaikan seputar pola kepemimpinan ideal, peran kepemudaan dalam menjemput Indonesia Emas serta semangat ke-HMI-an yang melekat pada DNA nya, ini secara konkre ditunjukkan ia mengajak orang-orang disekitarnya menyanyikan Hymne dan Mars HMI bersama Ketua Umum BADKO HMI Sumbagsel Dede Irawan dan Ketua Umum HMI Cabang Palembang Ulil Mustofa sebelum menaiki mobil menuju bandara.

(Danaz)