Paripurna DPRD Muratara Bupati Laporkan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2022

COGANEWS.CO.ID | MURATARA – Ketua DPRD Muratara, Efriansyah mengatakan hari ini kita melaksanakan rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Pemerintah Kabupaten Muratara tahun anggaran 2022 oleh Bupati Kabupaten Muratara, dihadiri langsung oleh 13 orang DPRD Muratara, dari 25 anggota DPRD Muratara, Selasa (16/5/2023).

“Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Muratara dalam memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pemeriksaan keuangan Republik Indonesia yang ke-6 kali secara berturut-turut dan semoga dapat terus dipertahankan,” ucap ketua DPRD Muratara, Efriansyah.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Muratara, H. Devi Suhartoni (HDS) saat menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian Raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Pemerintah Kabupaten Muratara tahun anggaran 2022 ini merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintah daerah yang disajikan secara transparan dan akuntabel.

READ  Kadis PUPR tinjau Pembangunan Kantor Bupati dan DPRD agar sesuai RAB.

Adapun rancangan Perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca daerah, laporan arus kas serta catatan atas laporan keuangan,” ungkap Bupati Muratara, HDS.

Selanjutnya, anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Muratara tahun anggaran 2022 terdiri atas pendapat, belanja dan pembiayaan daerah.

Nah, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Muratara sudah banyak melakukan pembangunan diantaranya dibidang infrastruktur pembanguan jalan dan jembatan, dibidang kesehatan kita juga pokus penurunan stunting sudah mengalami penurunan peringkat 5 tertinggi di Provinsi Sumsel.

Untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya dibidang pelayanan kesehatan di RSUD Rupit saat ini sudah memiliki 2 orang dokter bedah, 2 orang dokter penyakit dalam, 3 orang dokter kebidanan, 2 orng dokter anak, 1 orang dokter kulit serta fasilitas ICU dan operasi 24 jam. Dibidang pendidikan pemberian bantuan seragam sekolah, pelaksanaan program bantuan sosial lansia dan kematian, pemberian bantuan UMKM kepada masyarakat, program pembukaan lahan terlantar, bantuan rumah tidak layak huni, serta banyak program lain yang sudah Pemkab Muratara berikan kepada masyarakat. (AAN)