Tim Asesor Kementerian Kominfo RI Bangga Pemkab Muba Sudah Terintegrasi Satu Data Dengan Pusat

SEKAYU- Komitmen yang sangat baik terus ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mencapai Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023. Berbagai upaya-upaya inovatif terus dilakukan secara maksimal oleh OPD terkait dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas serta kesejahteraan bagi masyarakat Musi Banyuasin.

Hal ini diketahui saat Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan informatika Muba mengikuti secara virtual Evaluasi Tahap II Program Gerakan Menuju Kota Cerdas
(Smart City) Tahun 2023, Rabu (15/11/2023) di Ruang Rapat Serasan Sekate Gedung Pemkab Muba.

Kegiatan evaluasi tahap II program gerakan menuju smart city di Kabupaten Muba ini dipimpin oleh, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud melalui Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi.

Pj Sekda Muba Musni Wijaya menyampaikan, program smart city merupakan salah satu program yang ada didalam visi misi Kabupaten Muba. Pemkab Muba telah menetapkan salah satu prioritas pembangunan daerah yaitu mewujudkan Muba smart regency, yang mana sasaran yang akan dicapai melalui pembangunan smart regency ini adalah meningkatkan akuntabilitas kinerja dan keuangan daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan publik.

READ  Pemudik Ucapkan "Terima Kasih Pak Pj Bupati Tumpangan Gratisnya"

“Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan seluruh tim, para pembimbing, dan Kementerian Kominfo RI yang telah memberikan motivasi dan bimbingan kepada Pemerintah Muba dalam rangka meningkatkan program smart city di Kabupaten Muba,” tuturnya.

Lanjut Musni, segala masukan yang telah disampaikan oleh Tim Asesor dari Kementerian Kominfo RI, di lengkapi dan segara lakukan perbaikan. “Tentunya
usaha dan bimbingan yang dilakukan oleh tim ini, akan menjadi bahan bagi kami untuk meningkatkan kualitas program smart city di Kabupaten Muba, dan akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan layanan publik bagi masyarakat di kabupaten Muba,” ungkapnya.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dalam paparannya menyampaikan,
program unggulan Perangkat Daerah (PD) mewakili masing – masing dimensi tahun 2023 diantaranya adalah Smart Governance, pelayanan perpajakan (pelayanan publik) program dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Smart Branding
Sport Tourism program
dari Dispopar. Smart Economy Penguatan Kelembagaan Petani Karet Rakyat program Disbun. Smart Living Taman Air Muba
program DLH. Smart Society CCTV Kita Sistem Keamanan Masyarakat Dinkominfo. Smart Environment
Bank Sampah (MART) program Dinas Lingkungan Hidup.

READ  Milad ke-112 Muhammadiyah Hafisz Thohir Jadi Teladan Umat Beri Solusi Untuk Indonesia

“Target pencapaian dalam menuju Muba Smart City yakni ada enam pilar program unggulan yang mendukung terwujudnya Muba smart city kini telah dilaksanakan di Muba diantaranya Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living , Smart Society dan Smart Environment. Dari 6 pilar ini terdapat lebih dari 1 program yang telah data dari beberapa PD. Program ini tentunya sudah berjalan dengan baik, untuk
mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, terciptanya SDM yang berdaya saing, terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik,” tandasnya.

Sementara, Tim Asesor dari Kementerian Kominfo RI terdapat 7 orang diantaranya, Andrari Grahitandaru, Slamet Riyadi, Adi, Agus T Cahyono, Mila Karmila, Suzuki syofan dan Rudy Hartono.

Tim Asesor menyampaikan, rasa bangga karena Kabupaten Muba sudah terintegrasi satu data dengan pusat. “Ini tentunya sudah sangat membanggakan. Namun ada beberapa point yang perlu diperhatikan oleh Pemkab Muba.
Untuk evaluasi selanjutnya harus disampaikan lebih detail lagi program yang sudah berjalan, seperti menampilkan review dari para masyarakat,” tandasnya.