oleh

Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya

Sosialisasi Konsep Smart Village (Desa Cerdas) di Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin

Coganews.co.id | Banyuasin – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sungai Pinang, melaksanakan salah satu tugas dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Jum’at (20/11/2020).

Kegiatan Pengabdian tersebut berjudul Sosialisasi Smart Village di Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, yang dilaksanakan di kantor Kepala Desa Sungai Pinang.

Ketua tim pengabdian masyarakat FISIP Unsri, Januar Eko Aryansah, S.IP., S.H., M.Si menyampaikan, kegiatan dari fungsi dan tugas tridharma perguruan tinggi merupakan salah satu tanggungjawab untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat berupa kegiatan penyuluhan, sosialisasi sampai dengan pendampingan, yang mana fokus kegiatan ini yaitu pengenalan konsep desa cerdas atau smart village dengan fokus dari sosialisasi dan pendampingan ini adalah aparatur pemerintah Desa Sungai Pinang.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh narasumber dan pemateri dari Dosen FISIP Unsri Dr. Raniasa Putra, S.IP., M.Si yang juga ketua MAP Fisip Unsri menjelaskan tentang pelayanan publik yang prima dimana tercapainya kepuasan tertinggi dari pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Kemudian, Dosen Fakultas Hukum Unsri Dedeng, S.H., M.H, menjelaskan tentang bagaimana proses penyelenggaraan pelayanan publik yang baik berdasarkan landasan hukum yang berlaku untuk terwujudnya Smart Village.

Sosialisasi dan pendampingan ini juga turut melibatkan mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unsri agar kedepannya sudah terbiasa dan bisa memahami tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh aparatur pemerintah Desa Sungai Pinang dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Dalam sambutan Kepala Desa Sungai Pinang yang diwakili oleh Maswinto selaku bagian dari perangkat desa sekaligus membuka acara pengabdian ini secara resmi turut menyampaikan, “kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim FISIP Unsri diterima dengan baik oleh seluruh perangkat Desa Sungai Pinang, karena melihat perkembangan zaman yang menuntut untuk harus terus beradaptasi dengan apa yang sedang berkembang di masa sekarang.”

“Salah satunya adalah smart village yang diharapkan dapat memberikan manfaat lebih bagi Desa Sungai Pinang,” ujarnya.

Salah satu Kepala Dusun Wagimin menyambut baik kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa, “semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat memaksimalkan potensi yang ada pada Desa Sungai Pinang sehingga bisa mencapai apa yang menjadi tujuan dari pendampingan ini, yaitu menjadikan Desa Sungai Pinang ini menjadi Smart Village dan bisa menjadi desa percontohan bagi desa-desa yang ada di Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya. (Rill)

Berita Lainnya