PLN dan Komisi XII DPR RI Serap Aspirasi Warga Soal Listrik di Rantau Alai, Ogan Komering Ilir

 

OGAN KOMERING ILIR (9 Mei 2025) – General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu, Adhi Herlambang, mendampingi Anggota Komisi XII DPR RI, Dewi Yustisiana, S.H., M.Kn., dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Rombongan diterima langsung oleh Camat Rantau Alai, Febrian Mudianti, S.P., M.Si., Kapolsek Rantau Alai Iptu Agus M, serta jajaran pemerintah setempat. Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan dialog terbuka bersama masyarakat Desa Sanding Marga yang antusias menyampaikan berbagai masukan terkait kondisi kelistrikan di wilayah mereka.

Dalam sambutannya, Dewi Yustisiana menegaskan bahwa Komisi XII DPR RI yang membidangi sektor energi berkomitmen untuk memperjuangkan pemerataan akses listrik bagi seluruh masyarakat. Ia juga mengapresiasi sinergi yang terjalin antara legislatif dan PLN dalam memastikan kebutuhan listrik warga terpenuhi secara berkelanjutan.

“Komisi XII hadir untuk memastikan masyarakat di seluruh penjuru negeri mendapatkan layanan energi yang layak. Sinergi dengan PLN sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Dewi.

READ  PLN berhasil melakukan pembangunan jaringan untuk masyarakat yang ingin menggunakan listrik PLN di daerah tersebut

Sementara itu, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menyampaikan bahwa sistem kelistrikan di Sumatera Selatan saat ini memiliki cadangan daya yang mencukupi. Namun demikian, keandalan jaringan tetap harus dijaga agar pasokan listrik tidak terganggu oleh faktor eksternal.

“Pasokan listrik kami dalam kondisi cukup. Namun, perlu dukungan dari semua pihak untuk menjaga keandalan jaringan—misalnya dengan memangkas ranting pohon atau menghindari permainan layang-layang dekat jaringan listrik,” jelas Adhi.

Dalam kesempatan itu, salah seorang warga Desa Sanding Marga, Sarbini, menyampaikan apresiasi atas peningkatan infrastruktur listrik di wilayahnya. Ia berharap penambahan trafo juga dapat direalisasikan guna meningkatkan tegangan listrik di rumah-rumah warga.

“Alhamdulillah, sudah ada penambahan tiang dan kabel. Kami harap juga bisa ditambahkan trafo supaya listrik makin terang,” ungkap Sarbini.

Masyarakat juga berharap agar program Listrik Desa di Kecamatan Rantau Alai bisa segera direalisasikan untuk memperkuat keandalan dan jangkauan layanan listrik.

READ  Bulan Ramadhan, RSUD Sekayu Bedah Dua Pasien Operasi Jantung Terbuka

Sebagai perusahaan penyedia layanan ketenagalistrikan, PLN terus berkomitmen hadir untuk masyarakat, menghadirkan listrik andal dan berkualitas. Pelanggan juga dapat mengakses beragam layanan kelistrikan dengan mudah melalui PLN Mobile dan Call Center 123.

*Narahubung*
Iwan Arissetyadhi
Manager Komunikasi & TJSL PLN UID S2JB
Tlp. 0711 358355, 358671, 358804, 358859 Faks. 0711 310376, 357440

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end-to-end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.