oleh

Anak Dusun’ di Provinsi Riau Peraih Medali Emas Olympiade Tokyo, Sujud Didepan Orangtua

Coganews.co.id | PEKANBARU – Leani Ratri Oktila namanya harum di negeri ini dan mengharumkan negeri ke kancah dunia berkat prestasi gemilangnya peraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Ia merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Orang tuanya bernama Mujiran berusia 65 tahun, dan sang ibu Gina Oktila menginjak usia 53 tahun.

Ayah Leani berprofesi sebagai petani karet dan sawit. Sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Sepanjang hidupnya, mereka tinggal di Dusun Karya Nyata, Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kejadian yang mengundang perhatian masyarakat, begitu turun dari kendaraan penjemput bandara, di depan gerbang kedatangan ruang tunggu (longue) VVIP Lancang Kuning Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Atlet paralimpik peraih dua emas satu perak di Tokyo asal Kampar, Leani Ratri Oktila, langsung disambut tepuk tangan. Sedianya Ratri langsung disambut tari selamat datang khas Melayu Riau.

Tapi di luar dugaan, sekitar pukul 14.20 WIB itu, Ratri spontan sujud bersimpuh di depan sang Ayah F Mujiran (64) dan ibunya Gina Oktila (53), yang sudah menunggu di depan gerbang itu.

Sontak Ratri langsung mencium kaki sang Ayah, yang merupakan pelatih sekaligus mentornya di awal sebagai atlet. Sebelum saat itu, Ratri memasangkan selendang songket yang mencuri perhatian mata, berwarna merah muda dan manik-manik pertimbangan.

Dua medali emas dan satu perak terkalung di lehernya saat sujud bersimpuh itu. Tepuk tangan dan gumaman puluhan penyambut, termasuk Gubernur Riau Syamsur terdengar saat itu. Usai dirinya kembali berdiri, langsung mencium tangan dan memeluk sang ibu. Saat tari selamat datang dipersembahkan, Sang Ayah tergetar. jemarinya bergerak tak terkendali merasa haru. Beberapa kali Mujiran membetulkan masker dan kacamata hitam yang dikenakannya siang menjelang sore itu.

Setelah itu Gubernur Syamsuar Didampingi Pengurus NPC Riau, Wakil Gubernur Eddy Natar Nasution dan beberapa pejabat menyambut pahlawan ini dan membawanya masuk ke ruang tunggu VVIP. Memang, para penyambut Ratri sudah berada di Longue VVIP Lancang Kuning Bandara SSK II sejak pukul 13.30 WIB. Orang tuanya, baru masuk Longue pada 14.10 WIB bersama beberapa kerabat. Dalam beberapa menit Ratri akan diarak keliling Kota Pekanbaru sebelum singgah ke gedung daerah. (Danaz)

Berita Lainnya